Madrasah Tsanawiyah Negeri Seyegan Laboratorium IPA MTsN Seyegan: KEGIATAN ALAM

Social Icons

Rabu, 24 Juli 2013

KEGIATAN ALAM


Manfaat Pendekatan Lingkungan

Sebagai guru,  kita dapat memilih berbagai benda yang  terdapat di lingkungan  untuk kita jadikan media dan sumber belajar bagi siswa di sekolah. Bentuk dan jenis lingkungan ini bermacam-macam, misalnya :  sawah, hutan, pabrik, lahan pertanian, gunung, danau, peninggalan sejarah, musium,  dan sebagainya.   Media di  lingkungan juga bisa berupa benda-benda sederhana yang da-pat dibawa ke ruang kelas, misalnya : batuan, tumbuh-tumbuhan, binatang, peralatan rumah tangga, hasil kerajinan , dan masih banyak lagi contoh yang lain. Semua benda itu dapat kita kumpulkan dari sekitar kita dan dapat kita per-gunakan sebagai media pembelajaran di ke-las. Benda-benda tersebut dapat kita perloeh dengan mudah di lingkungan kita sehari-hari. Jika mungkin, guru dapat menugaskan para sis-wa untuk mengumpulkan benda-benda tertentu se-bagai sumber belajar untuk topik tertentu. Benda-benda tersebut juga dapat kita simpan   untuk  dapat kita pergunakan  sewaktu-waktu diperlukan.
Pembelajaran di luar kelas juga menjadikan para siswa  supaya tidak bosan akan belajar,contoh nya saja siswa MTs NEGERI Seyegan yang melakukan penelitian di sungai seperti ini.



    

Selain untuk mendekatkan siswa akan lingkungan kegiatan seperti ini juga untuk melatih kekompakan siswa dalam bekerja kelompok.
Manfaatkan lingkungan sebagai media pembelajaran memiliki banyak keuntungan. Be-berapa beberapa keuntungan tersebut  antara lain :
1.        Menghemat biaya, karena memanfaatkan benda-benda yang telah ada di lingkungan.
2.        Praktis dan mudah dilakukan, tidak me-merlukan peralatan khusus seperti  listrik
3.        Memberikan pengalaman yang riil kepada sis-wa, pelajaran menjadi lebih konkrit, tidak ver-balistik.
4.        Karena benda-benda tersebut berasal dari lingkungan siswa, maka benda-benda tersebut akan sesuai dengan karakteristik  dan ke-butuhan siswa.  Hal ini juga sesuai dengan konsep pembelajaran kontekstual (contextual learning).
5.        Pelajaran lebih aplikatif, maksudnya materi belajar yang diperoleh siswa melalui media lingkungan kemungkinan besar akan dapat diaplikasikan langsung,  karena siswa   akan sering menemui  benda-benda atau peristiwa serupa dalam kehidupannya sehari-hari.
6.        Media lingkungan memberikan pengalaman langsung kepada siswa.  Dengan media ling-kungan, siswa dapat berinteraksi secara lang-sung dengan benda, lokasi atau peristiwa se-sungguhnya secara alamiah.
7.        Lebih komunikatif, sebab benda dan peristiwa yang ada di lingkungan siswa biasanya mudah dicerna oleh siswa, dibandingkan dengan me-dia yang dikemas (didesain).

2 komentar: